CEO Youtube Susan Wojcicki : YouTube, Salah Satu Kunci Sukses Google

10:13 AM

CEO Youtube Susan Wojcicki : Youtube, Salah Satu Kunci Sukses Google
Source : www.ibtimes.com

Biografi Singkat CEO Youtube Susan Wojcicki

Kalian semua ada yang mengenal Susan Wojcicki ? Bernama lengkap Susan Diane Wojcicki merupakan CEO YouTube saat ini. Ia lahir di Santa Clara County, California pada tanggal 5 Juli 1968. Selain sebagai CEO YouTube, wanita ini merupakan seorang eksekutif teknologi Amerika.

Susan Wojcicki merupakan putri dari Esther Wojcicki dan Stenley Wojcicki. Esther Wojcicki merupakan pendidik dari keturunan Yahudi Rusia. Sedangkan Stanley Wojcicki merupakan seorang profesor fisika Stanford University.

Susan Wojcicki mempunyai dua saudara kandung. Saudara kandung pertama bernama Janet Wocicki. Saat ini ia merupakan seorang Antropolog dan ahli Epidemiologi. Sedangkan saudara kandung lainnya bernama Anne Wojcicki, merupakan pendiri dari 23andMe.

Susan Wojcicki merupakan lulusan Harvard University. Ia mengambil jurusan sejarah dan sastra disana. Pada tahun 1990, ia pun lulus dari pendidikannya. Sebelum Susan merencanakan untuk meraih gelar PhD dalam bidang ekonomi. Namun rencana tersebut sirna, ketika ia mengenal dunia teknologi.

Susan Wojcicki mendapatkan gelar Master of Science dalam bidang ekonomi di University of California, Santa Cruz pada tahun 1993. Selain itu, ia juga mendapatkan gelar Master in Business Administration di UCLA Anderson School of Management pada tahun 1998.

Pada tahun 1998, tepatnya pada tanggal 23 Agustus, Susan Wojcicki menikah dengan Dennis Troper di Belmont, California. Ia dikaruniai lima orang anak. Saat ini kekayaan bersih yang dimiliki Susan Wojcicki kurang lebih adalah sebesar $300 juta.

Perjalanan Karir

Pada tahun yang sama, tepatnya bulan September 1998, perusahaan Google mendirikan kantornya di depan garasi Susan Wojcicki. Tepatnya di Menlo Park. Dahulu ia bekerja di bagian pemasaran Intel di Santa Clara, California. Lalu di Google ia bekerja di bagian marketing Google Doodles sebagai karyawan ke-16.

CEO Youtube Susan Wojcicki : Youtube, Salah Satu Kunci Sukses Google
Source : www.businessinsider.com
DI tahun 1999, Susan Wojcicki menjabat sebagai manajer pemasaran pertama di Google. Selain itu ia juga merupakan konsultan di Bain & Company dan RB Webber & Company. Di sana ia mengambil bagian dalam bidang pengembangan kontribusi Google. Seperti Google Books dan Google Images.

Susan Wojcicki pun tumbuh dan berkembang di Google. Karena setelah menjalani beberapa tahun disana. Ia menjadi senior Vice President of Advertising & Commerce. Selain itu ia juga memimpin iklan dan produk analitik. Seperti Google Adwords, DoubleClick, Google AdSense, Google Book Search, Google Video, dan Google Analytics.

Susan Wojcicki berhasil mengembangkan AdSense menjadi sumber pendapatan terbesar kedua bagi Google. Hal lain yang dilakukan dirinya yakni mengawasi Google Video. Ia mengusulkan ke Google untuk membeli YouTube.

Nyatanya Susan Wojcicki berhasil menangani akuisisi terbesar bagi Google. Pada tahun 2006 Google membeli YouTube seharga $1,65 miliar. Lalu pada tahun 2007, Google membeli DoubleClick seharga $3,1 miliar.

Setelah berhasil tangani akusisi terbesar bagi Google. Susan Wojcicki diangkat menjadi Senior Vice President YouTube. Ia merupakan orang yang teramat penting dalam periklanan di Google.

Nama Susan Wojcicki nyatanya masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun 2011 majalah Forbes. Pada tahun 2012 ia meraih peringkat ke-25. Lalu pada tahun 2013 ia turun peringkat menjadi ke-30. Dan akhirnya di tahun 2014 ia meraih peringkat ke-12.

Selain majalah Forbes, nama Susan Wojcicki juga masuk dalam majalah Fortune. Ia masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia bisnis dari tahun 2010 hingga tahun 2013.

Tumbuh dan Berkembang

YouTube merupakan sebuah web berbagi video. Situs web ini lahir pada tanggal 14 Februari 2005. Situs web ini didirikan oleh 3 mantan karyawan PayPal yang bernama Steve Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley. Hadirnya situs web ini memungkinkan pengguna untuk menonton, mengunggah dan berbagi video.

Kantor pusat YouTube berada di 901 Cherry Ave, San Bruno, California, Amerika Serikat. Kantor awalnya berada diatas Pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California, Amerika Serikat.

CEO Youtube Susan Wojcicki : Youtube, Salah Satu Kunci Sukses Google


YouTube menyuguhkan berbagai macam konten seperti Video, Klip TV, Klip Film, Video Musik, Blog Video, Video Pendidikan dan Video Film pendek yakni HTML5 dan Adobe Flash Video.

Pada bulan November 2006, YouTube di beli oleh Google dengan kisaran harga sebesar $1,65 miliar. Sehingga YouTube pun menjadi anak perusahaan dari google.

YouTube merupakan sebuah perusahaan teknologi rintisan. Perusahaan tersebut didanai investasi awal sebesar $11,5 juta dari Sequoia Capital pada bulan November 2005 hingga bulan April 2006.

Pada bulan Mei 2005. YouTube tawarkan uji coba beta. Dan pada bulan Juli 2006, lebih dari 65 ribu video diunggah setiap harinya. Situsnya pun mendapatkan kunjungan 100 juta perhari. YouTube merupakan penyedia video utama yang terletak di Amerika Serikat. Pangsa pasarnya sebesar 43%. Dan pada bulan Mei 2010, lebih dari 14 miliar video ditonton secara universal.

Pada tahun 2013, pendapatan kotor YouTube sekitar $5,6 miliar. Angka tersebut dihasilkan dari total penjualan Google (sekitar 10%) dan YouTube $2 miliar (naik sebesar 66% setiap tahun).

Pendapatan YouTube pada tahun 2014 mencapai angka $4 miliar. Angka tersebut naik 33% dari tahun 2013. YouTube setiap bulannya memiliki pengunjung unik lebih dari 1 miliar. Sehingga menghasilkan pendapatan sekitar $20 miliar. Saat ini 50% khalayak di seluruh dunia banyak membuka situs YouTube melalui perangkat mobile.

Selain itu dengan meluncurnya aplikasi Music Key tahun lalu. Sebuah layanan musik milik YouTube dalam versi beta. Dapat membuat khalayak semakin terpuaskan dengan apa yang telah diberikan oleh YouTube. Khususnya dalam segi kepuasan konten. Karena di dalam aplikasi ini terdapat fitur iklan gratis.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »