Tips dan Cara Menanam Bawaang Merah Dalam Pot Yang Baik

10:33 PM
Tips dan Cara Menanam Bawang Merah Dalam Pot Yang Baik - Mengapa bawang merah dikenal banyak orang ? Karena selain digunakan untuk bumbu dapur dan penyedap masakan, juga telah dikenal dalam industri masakan dan sekaligus sebagai tanaman obat. Pantas saja bawang merah disebut juga dengan tanaman ragam guna.

Tips dan Cara Menanam Bawaang Merah Dalam Pot Yang Baik
Source : pixabay.com


Bawang merah (Allium ascalonicum L.), adalah tanaman sayuran semusim bernilai gizi cukup tinggi. Sementara itu nama asing bawang merah disebut : echalote, eschlauch, atau shalot.
Orang jawa terbiasa menyebutnya brambang, sedangkan orang sunda menyebutnya dengan sebutan Bawang Beureum. Lantas nama-nama daerah lainnya adalah sebagai berikut : Bawang Abang Mirah (Aceh), Bawang Megareu (Alas), Pia (Karo), Bawang Sirah, Dusun Merah (Minangkabau), Bawang Abang, Bawang Suluh (Lampung), Jasun Bang, Jasun Mirah (Bali), Laisona Piras (Roti), Kalpeo Meh (Timor), Bawangi (Gorontalo), Lasuna Eja (Makasar), Lasuna Cela (Bugis), Bawang Nawuli (Tanimbar), Kosai MIna (Buru), Wulwul (Kai), Bawa Roriha (Ternate) dan Bawa Johari (Tidore). Jadi, Bawang Merah ini memang sangat dikenal oleh banyak orang.

Cara Menanam Bawang Merah Dalam Pot


Kali ini kita bikin kegiatan menanam Bawang Merah Dalam Pot. Asyik dan menyenangkan.....
Sediakan Pot berukuran 30 cm x 40 cm. Lantas media tanamnya berupa campuran tanah, aramg sekam, pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1:1:1. Sedangkan pupuk SP-36 yang dibutuhkan sebanyak 3 gram per pot ditambah dengan Furadan (satu sendok kecil). Semua bahan tersebut dicampur dan disiram dengan air lalu biarkan selama 1-2 hari.

Persiapan bibit dengan umbi beratnya 2,5 gram - 7,5 gram, telah cukup tua dikebun (60-90 hari), murni, sehat, tidak cacat atau luka, dan telah mengalami penyimpanan selama 2-3 bulan. Umbi yang akan ditanam ujungnya dipotong 1/3 bagian.

Umbi ditanam pada lubang kecil sebanyak 3 umbi per pot, dan diatur jaraknya sekitar 15 cm antar umbi. Bagian umbi yang telah dipotong, diletakkan di atas rata dengan permukaan tanah, kemudian umbi ditutup tanah tipis.

Pupuk susulan berupa pupuk NPK (16-16-16) sebanyak 1 gram per pot diberikan setiap minggu sampai umur 6 minggu. Caranya dicor atau disiramkan di sekitar tanaman. Atau diberikan 2 kali pada umur 15 hari setelah tanam dan 30 hari setelah tanam, dengan cara dibenamkan kedalam tanah. Letakkan pot di tempat terkena sinar matahari.

Penyiraman pada musim kemarau dilakukan satu atau dua kali sehari pada pagi dan/atau sore hari tergantung keadaan dilapang. Tanaman Bawang Merah tidak tahan kekeringan, namun juga tidak tahan terhadap genangan air. Apabila umbi sudah terlihat (sekitar umur 2 bulan) jangan terlalu banyak disiram agar umbi cepat tua atau berisi.

Perhatikan adanya hama berupa ulat (Spodoptera sp.) yang menyerang daun. Gejala terlihat bercak putih pada daun. Bila daun diteropong terlihat seperti gigitan ulat. Hama ini ditanggulangi dengan pemungutan manual, ulat dan telur diambil untuk dimusnahkan. Bila serangan menghebat, kerusakan lebih dari 5 persen per rumpun daun, semprot dengan insektisida yang berbahan aktif klorfirifos.

Panen Bawang Merah


Ciri-ciri Bawang Merah yang sudah siap dipanen adalah 80 persen dan rebah menguning dan leher batang kosong atau "gembos", umbi tersembul di permukaan tanah dan berwarna merah. Bawang Merah dapat di panen setelah umur tiga bulan (untuk konsumsi) dan untuk menjadi benih dapat dipanen setelah 100 hari. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada keadaan tanah kering dan cuaca cerah untuk mencegah serangan penyakit busuk umbi pada saat penyimpanan. Bawang Merah yang telah dipanen diikat pada batangnya dan dijemur sampai cukup kering di bawah sinar matahari. Penjemuran bisa berlangsung hingga 7-14 hari. Pembalikan dilakukan setiap 2-3 hari. Bawang Merah yang telah kering, kadar air 85 persen, siap untuk disimpan atau dipasarkan.


Demikianlah Tips dan Cara Menanam Bawaang Merah Dalam Pot Yang Baik, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba menanam Bawang Merah Dalam Pot.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »