Biografi CEO SnapChat Evan Spiegel, Otak Dari Kesuksesan Aplikasi SnapChat

3:18 AM

Biografi CEO SnapChat Evan Spiegel, Otak Dari Kesuksesan Aplikasi SnapChat
Source www.businessinsider.com

Biografi CEO SnapChat Evan Spiegel, Otak Dari Kesuksesan Aplikasi SnapChat - Dengan nama lengkap Evan Thomas Spiegel atau yang lebih sering disapa dengan Evan Spiegel. Merupakan pendiri dan CEO dari aplikasi mobile SnapChat. Ia lahir di Los Angeles, california pada tanggal 4 Juni 1990. Namun Evan Spiegel tumbuh besar di Pacifik Palisades, California. Dengan tersebut merupakan lingkungan kelas paling atas pada pinggir barat Los Angeles.

Evan Spiegel merupakan anak dari pasangan pengacara Melissa Ann Thomas dan Jogn W. Spiegel. Ia memiliki dua orang saudara perempuan yang bernama lauren dan caroline. Ajaran kepercayaan yang dianutnya ialah Episkopal. Saat ini umurnya 25 tahun dan sekarang sedang dekat dengan aktris Miranda Kerr.

Semasa kecilnya Evan Spiegel mendapatkan masa kanak-kanak yang enak. Selalu dipenuhi dengan kekayaan, kekuasaan, liburan dan mendapatkan tunjangan bulanan yang besar. Seusai lulus dari Crossroads, sekolah tinggi swasta di Santa Monica, California. Ia melanjutkan pendidikannya ke Stanford University.

Evan Spiegel menempuh pendidikan terakhirnya di Stanford University, untuk mengambil gelar Bachelor of Arts and Science di sana. Sebelumnya, ayah Evan Spiegel juga merupakan anak didik dari universitas tersebut. Semasa kuliah, Evan sempat beberapa kali magang. Menjadi pedagang di Red Bull tanpa di gaji sepeserpun. lalu magang di perusahaan biomedis di Cape Town. dan menjadi anggota tim proyek TxtWeb di Intuit.

Evan terjebak pada perusahaan teknologi saat ia masih duduk dalam bangku kuliah. Yang menjebaknya masuk ke dalam perusahaan teknologi ialah Google Execitive Chairman, Eric Schmidt dan Intuit Co-founder and Chariman of The Executive Committe, Scott cook.

:: Keluar Kuliah ::

Evan memulai perjalan kariernya pada bulan Juli 2011. Pada tahun tersebut ia memutuskan untuk fokus mengerjakan proyek SnapChat. Aplikasi mobile tersebut merupakan proyek kelasnya. Hingga akhirnya Evan keluar dari Stanford. Hanya untuk fokus meengerjakan proyeknya.

Saat evan merintis aplikasi mobile SnapChat. Ia di temani oleh dua orang sahabatnya, yaitu Reggie Brown dan Robert Murphy. Lahirnya aplikasi ini diawali oleh Evan dan Brown. Karena aplikasi ini merupakan proyek salah satu kelas di Stanford University. Evan sebagai desain produk utama. Sedangkan Brown sebagai kode aplikasinya.

Namun Reggie Brown dikeluarkan oleh tim SnapChat. Karena Brown mengambil 20% saham dari perusahaan. Brown mengaku bahwa dirinya merupakan bagian penting dalam penciptaan aplikasi mobile ini. Hingga akhirnya Evan Spiegel menjabat sebagai pendiri dan CEO aplikasi mobile SnapChat. Kantornya berada di Venice, California.

Jika dilihat-lihat. Evan Spiegel mirip dengan Mark Zuckerberg. Kedua orang ini sama-sama keluar dari universitas ternama (Stanford dan Harvard). Dan lebih fokus untuk menjalani perusahaan jejaring sosial.

Evan juga memiliki sifat konsumtif. Ia sangat menyukai mobil mahal. Menurutnya mobil membawa sukacita di hidup saya. Selain itu dirinya juga menyukai liburan dan mengadakan pesta mewah.

:: Menolak Akuisisi Facebook ::

Aplikasi mobile SnapChat pernah mau dibeli dan diakuisisi oleh perusahaan Facebook. Namun Evan Spiegel menolak tawaran tersebut. Padahal aplikasi mobile milik Evan Spiegel ditawar sebesar $3 miliar secara tunai oleh Perusahaan Facebook. Namun ia tetap kekeh dan mempertahankan aplikasi mobile miliknya.

Sebelum SnapChat. Aplikasi mobile ini bernama Picabbo. Pada bulan Juli 2011, Picabbo berubah nama menjadi SnapChat. Tidak lama setelah perubahan nama. Aplikasi mobile SnapChat dapat diakses melalui platform iOS mulai bulan september 2011. Selang setahun, tepatnya 29 November 2012. Aplikasi mobile SnapChat sudah dapat beroperasi pada platform Android.

Aplikasi mobile SnapChat merupakan aplikasi yang sedang tren di kalangan remaja saat ini. Aplikasi ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh aplikasi mobile chat lainnya. di mana pengguna aplikasi tersebut dapat berbagi foto dan video bahkan mengobrol antar pengguna aplikasi.

Foto dan video yang dikirimkan melalui aplikasi mobile SnapChat akan terhapus secara otomatis dalam beberapa detik. Pengirim foto dan video dapat menentukan berapa lama foto dan video tersebut akan terhapus secara otomatis. Sungguh unik dan menarik bukan aplikasi mobile tersebut.

Biografi CEO SnapChat Evan Spiegel, Otak Dari Kesuksesan Aplikasi SnapChat
Source tylerlawrence.com

:: Fitur SnapChat ::

Aplikasi mobile SnapChat kaya akan fitur didalamnya. Berbeda dengan aplikasi mobile sejenis yang banyak bertebaran di paltform iOS maupun Android. Fitur didalamnya berupa chat, Discover, Stories, Filter, Picture, Video, Caption dan Nearby.

Fitur Chat memungkinkan pengguna untuk mengobrol dengan pengguna SnapChat yang lain. Fitur Discover ialah fitur konten berita dari berbagai media ternama. Seperti CNN, Cosmopolitan, Daily Mail, Fusion, B/R Sport, Food Network, National Geografic, BuzzFeed, MTV, People, Vice dan Snap.

Fitur Stories berfungsi agar pengguna aplikasi dapat membagi video maupun foto pada daftar temannya tempo waktunya 24 jam. Setelah 24 jam, video maupun foto akan otomatis terhapus. Lalu fitur Filter berguna untuk membuat gambar atau video terlihat lebih menarik.

Fitur Picture, Video dan Caption mungkin seperti fitur yang terdapat pada banyak aplikasi Social Media lainnya. Yang membedakannya hanya terdapat pada penghapusan otomatis saja. Dan terakhir fitur Nearby ialah fitur yang mempermudah pengguna aplikasi mendapatkan teman pada jarak terdekat anda.

:: Terus Tumbuh dan Berkembang ::

Pada Januari 2012. Aplikasi mobile SnapChat telah mengirimkan 5 juta foto dan video perhari. Di tanggal 12 Mei 2012, berbagi foto antar pengguna dikirim 25 per detik. Lalu pada tanggal 28 November 2012, pengguna aplikasi ini telah berbagi foto sebanyak 20 juta foto per hari.

Pada bulan Februari 2013. Pengguna aplikasi mobile SnapChat telah mengirim pesan sebanyak 60 juta per hari. Di bulan Mei 2013 tercatat aplikasi ini sudah mengirim 150 juta foto dan video perhari. Lalu pada bulan November 2013, aplikasi ini mengirim 400 juta foto per hari.

Lalu pada bulan Mei 2014, aplikasi ini telah mengirimkan 700 foto dan video per hari. Dengan fitur Stories per harinya dikunjungi sebanyak 500 juta kali. Sebulan kemudian, fitur Stories melonjak. Kini per harinya fitur ini dikunjungi lebih dari satu miliar pengguna.

Untuk pengguna aplikasi mobile SnapChat di bawah umur 13 tahun. SnapChat memperkrnalkan SnapKidz pada bulan Juni 2013. Pada waktu yang bersamaan, aplikasi tersebut rilis versi 5.0 yang dijuluki "Banquo" pada platform iOS. Dalam versi ini terdapat penyempurnaan dari segi kecepatan, desain, navigasi, balas pesan dan mencari teman. Baru pada bulan Juli 2013 versi 5.0 dapat di unduh di platform Android.

Aplikasi mobile SnapChat kehilangan sebanyak $128 juta dalam 11 bulan pertama tahun 2014. Pendapatan SnapChat pada tahun kemarin $3,1 juta. Namun pada bulan Mei 2015 pendapatan aplikasi ini meningkat sebesar $537,6 juta. Layanan chat dalam aplikasi ini dapat menaikan pendapatan sebanyak $650 juta.

Saat ini pengguna aktif aplikasi mobbile SnapChat mendekati 100 juta pengguna. Pengguna aktif akun tersebut dapat mengirim dan melihat video sebanyak lebih dari 2 miliar. Sebanyak 60% pengguna aplikasi ini berumur 13-34 tahun di negara Amerika Serikat. Sebanyak 65% pengguna aktif menggunakan aplikasi ini untuk berbagi foto dan video. Aplikasi mobile SnapChat masuk dalam aplikasi teratas di iTunes AppStore.

Saat ini kekayaan bersih yang dimiliki evan Spiegel sebesar $2,1 Miliar. Ia pun masuk dalm list Forbes. Orang terkaya ke-99 dalam kategori Richest in Tech 2015. Lalu urutan ke-1250 dalam kategori The World's Bilionaires 2015. Ia mendapat gelar miliarder termuda. Karena saat ini umur Evan Spielge masih 25 tahun. Aplikasi mobile SnapChat saat ini bernilai $20 Miliar.


Semoga artikel diatas bisa menjadi inspirasi untuk para pembaca, ikuti terus ya artikel seru dan unik lainnya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »